Selasa, 08 Januari 2019

Geographic Information System - Spatial Analysis

Kembali lagi menjelang UAS!!
tanpa bercakap panjang, kali ini pembahasan tentang Spatial Analysis atau Analisa Spasial.

Related image
Image Source: Google

Analisis Spasial adalah sekumpulan teknik yang dapat digunakan dalam pengolahan SIG (Sistem Informasi Geografis). Hasil dari analisis data spasial sangat bergantung pada lokasi objek yang bersangkutan (yang sedang di analisa). Analisis Spasial juga dapat diartikan sebagai teknik-teknik yang digunakan untuk meneliti dan mengksplorasi data dari perspektif spasial. semua teknik atau pendekatan perhitungan matematis yang terkait dengan data spasial dilakukan dengan fungsi analisis spasial tersebut.
Sebagai sebuah metode, analisis spasial berusaha untuk membantu perencana dalam menganalisis kondisi permasalahan berdasarkan data dari wilayah yang menjadi sasaran. Dan konsep-konsep yang paling mendasari sebuah analisis spasial adalah jarak, arah, dan hubungan. Kombinasi dari ketiganya mengenai suatu wilayah akan bervariasi sehingga membentuk perbedaan yang signifikan yang membedakan satu lokasi dengan yang lainnya.


Manfaat Analisis Spasial Dalam pengolahan data SIG, analisis spasial dapat digunakan untuk memberikan solusi-solusi atas permasalahan keruangan. Manfaat dari analisis spasial ini tergantung dari fungsi yang dilakukan. Ringkasan dari manfaat tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Membuat, memilih, memetakan, dan menganalisis data raster berbasis sel. 
  • Melaksanakan analisis data vektor/raster yang terintegrasi. 
  • Mendapatkan informasi baru dari data yang sudah ada. 
  • Memilih informasi dari beberapa layer data. 
  • Mengintegrasikan sumber data raster dengan data vektor


Jenis-Jenis Analisa Spasial
  1. Query basis data digunakan untuk memanggil atau mendapatkan kembali atribut data tanpa mengganggu atau mengubah data yang sudah ada. Fungsi dari query basisdata ini dapat dilakukan dengan mudah dengan mengklik feature yang diinginkan.
  2. Pengukuran
  3. Fungsi kedekatan adalah sebuah fungsi untuk menghitung jarak dari suatu titik, garis, ataupun batas poligon. Salah satu fungsi kedekatan yang paling banyak digunakan adalah dengan buffer. Buffer adalah analisis spasial yang akan menghasilkan unsur-unsur spasial yang bertipe poligon.
  4. Overlay adalah bagian penting dari analisis spasial. Overlay dapat menggabungkan beberapa unsur spasial menjadi unsur spasial yang baru.


Sekian postingan kali ini 감사합니다!!

Reference:

0 komentar:

Posting Komentar